Monday, July 4, 2011

View Point dan Angle dalam Photography

Pada tulisan kali ini saya akan membahas sedikit tentang view point dan angle dalam Photography. View point jika diterjemahkan berarti ‘titik pandang’ dan angle berarti ‘sudut’, dua-duanya sangat lekat dan saling berhubungan dalam dunia photography. Sebelum memutuskan untuk mengambil photo suatu objek biasanya photographer akan mengatur dulu view point dan angle ini secara tepat untuk menghasilkan gambar yang baik.

 View point dan angle yang tepat akan membuat photo terlihat unik dan kuat, pesan atau kesan yang ingin ditampilkan dalam photo pun menjadi jelas. Jika pengambilan photo tidak memperhatikan view point dan angle yang tepat maka hampir bisa dipastikan photo menjadi terlihat biasa-biasa saja dan tidak memiliki hal menonjol yang harusnya ada dalam sebuah photo, itu belum lagi jika sang photographer tidak tepat dalam menentukan DoF (Deep of Field), komposisi dan point of focus (yang ketiganya tidak akan saya jelaskan di sini karena akan terlalu panjang View Point dan Angle dalam Photography ). Di bawah ini saya sertakan satu photo yang menurut saya bisa menjadi contoh bagaimana menentukan view point dan angle dalam photography.

 
'Sea Walk' by Lorin Hughes

Lalu bagaimana agar kita dapat menghasilkan hasil pemotretan yang baik dengan memperhatikan view point dan angle dalam photography? Di bawah saya akan memberikan beberapa tips yang mungkin bisa anda pertimbangkan dalam menentukan view point dan angle dalam Photography.


Tips Dalam Menangani View Point dan Angle dalam Photography

 

1. Riset

 Anda perlu tahu apa yang harapkan ketika pergi ke lokasi baru untuk mengambil photo. Lakukan sedikit riset dan pastikan apa yang tersedia dalam rangka untuk membuat photo yang sempurna. Pengetahuan adalah salah satu hal penting dalam photography dan jika Anda ingin membuat gambar yang kuat, lakukan riset tentang apa yang  anda inginkan untuk muncul pada photo anda dan apakah unsur-unsur photo yang anda inginkan itu akan dapat anda temui di lokasi pengambilan gambar yang anda tuju.

Photography
 
2. Gunakan Kaki Anda

Setelah Anda tahu apa yang anda cari dan anda telah merencanakan pengambilan gambar, gunakan kaki anda. Cobalah bervariasi dan bergerak di sekitar lokasi dengan kamera Anda. Cobalah mencari angle dengan posisi yang berbeda-beda dan berkeliling untuk melihat apakah ada view point lain yang akan meningkatkan hasil dari photography anda.


3. Carilah Angle yang Tidak Biasa

Dari berdiri, berbaring telentang, tengkurap, duduk samapi memanjat pohon atau tangga. Perbedaan angle dalam pengambilan gambar akan menghasilkan perspektif yang berbeda-beda juga. Angle yang lain dapat Anda coba adalah memiringkan kamera. Jika anda melihat seseorang dengan membawa kamera lalu jungkir balik tidak karuan, tenang, dia bukan mabuk melainkan hanya mencari ‘angle yang tidak biasa’ View Point dan Angle dalam Photography 


4. Penuhi Frame dengan Objek Photography Anda

Anda sudah memiliki lokasi yang sempurna, view point yang luas dan angle yang unik, tetapi jika objeknya terlalu jauh gambar hanya akan terlihat ‘rata-rata’, so? cobalah untuk lebih dekat dengan objek. Isi frame dengan objek yang ingin anda tekankan dan perhatikan komposisi. Selalu tanyakan pertanyaan apakah komposisi sudah pas? apakah yang melihat photo saya akan langsung menangkap dan mengerti apa objek dari photo saya ini? Jika tidak, pindahkan kaki Anda cari angle yang tepat dan hindarkan elemen-elemen gambar yang tidak perlu.


5. Trial dan Error

Selalu coba beberapa kemungkinan dan jangan takut mengambil kesempatan. Mungkin dalam seratus jepretan hanya satu atau dua gambar yang hasilnya baik. No problemo, dalam photography jangan terpaku hanya dengan satu cara pengambilan gambar, gunakan imajinasi dan teruslah mencoba untuk mencari angle dan view point yang terbaik. Menentukan angle dan view point dalam photography itu membutuhkan trial and error serta kreatifitas karena objek yang satu dan objek yang lain tentu berbeda-beda cara ‘menanganinya’.
Sekian tulisan saya tentang photography kali ini saya akhiri, semoga dapat berguna bagi anda dan.. happy hunting View Point dan Angle dalam Photography

Referensi by : Tips View Point dan Angle

No comments:

Post a Comment

bagi yang ingin bertanya, sharing, mengkritik,dan memberi saran..silahkan mengisi form komentar dibawah ini..